WElcoeM !

semua berdiri di bawah naungan hati nurani pasti sebuah kedamaian senantiasa mengiringi kehidupannya...!

1.07.2011

tea!

Teh adalah minuman yang mengandung Kafein, sebuah infuse yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camelia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: Teh hitam, teh hijau, the olong dan teh putih.Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut the herbal

Sejarah teh dunia :

Shen Nung

Kisah yang paling banyak ditulis tentang asal usul teh adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi.Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi).
Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit.Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina.

Daruma

DARUMA adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi.Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan DARUMA.Legenda menyebutkan bahwa DARUMA yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun), versi lain menyebutkan DARUMA duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh dan legenda paling eksterm menyebutkan bahwa DARUMA sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah dan menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat DARUMA terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai icon dan dijadikan boneka terkenal dinegeri Jepang.Kalau jalan-jalan ke Jepang, sempatkan untuk mampir membeli suvenir tersebut.

Lu Yu

Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea.Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir
Teh merupakan sumber alami kafein, Teofilin dan Antioksidan dengan kadar lemak Karbohidrat atau Protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.
Teh bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan karena mengandung mineral, polifenol, vitamin B1, B2, dan vitamin C. Ada pun Manfaat teh:

a. memperkuat gigi
b. memperkuat dayatahan tubuh
c. mengurangi resiko keracunan makanan
d. menangkal kolestrol
e. menghaluskan kulit


B. Tujuan Praktikum

Tujuan dari pelaksanaan praktikum ini adalah:

a. mengetahui bahan baku pembuatan teh botol sosro
b. mengetahui kandungan vitamin yang ada didalam teh
c. mengetahui manfaat teh
d. mengetahui proses pembuatan teh botol sosro

Sosro merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama sosro diambil dari nama pendirinya yakni Sosrodjojo. Tahun 1940, keluarga Sosrodjojo memulai usahanya disebuah kota kecil bernama slawi di jawa tengah.ketika memulai bisnisnya produk yang dijual adalah teh kering dengan merek teh cap botol dengan daerah pemasaramya diseputar wilayah jawa tengah.tahun 1953, keluarga Sosrodjojo memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta.

Dasar atau Filosofi PT. Sinar Sosro adalah 3K dan RL yakni :

• Peduli terhadap KUALITAS
• Peduli terhadap KEAMANAN
• Peduli terhadap KESEHATAN
• Serta RAMAH LINGKUNGA

Perjalanan memperkenalkan produk teh cap botol ini dimulai dengan melakukan strategi cicip rasa (product sampling), kebeberapa pasar dikota Jakarta. Teh tersebut dibagikan secara gratis kepada orang-orang yang ada dipasar namun cara ini kurang berhasil karena penyeduhannya terlalu lama. Cara kedua, the dimasukkan dalam panci-panci besar untuk kemudian dibawa kepasar dengan menggunakan mobil bak terbuka namun cara ini juga kurang berhasil karena banyak teh yang tumpah.akhirnya muncul la hide untuk membuat the yang dikemas kedalam botol, karena selai praktis juga bias langsung dikonsumsi. Tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual the siap minum(ready to drink tea) dalam kemasan botol, dan tahun 19745 didirikan PT Sinar Sosro yang merupakan pabrik the siap minum dalm kemasan botol pertama di Indonesia dan dunia.
Hingga saat ini perkebunan sosro sudah tersebar dipulau jawa, dengan pabrik pengolahannya dijawa, Sumatra dan bali. Proses pengolahan teh botol sosro melalui sterilisasi suhu tinggi sehingga the ini bias awet selama satu tahun tanpa adanya bahan pengawet dan pemanis lainnya. Proses pembuatan the wangi adalah dengan mengambil tiga pucuk daun teh yang paling atas,kemudian dicampurkan dengan bunga melati dan bunga gambir.aroma bunga melati dan bunga gambir inilah yang memberikan bau harum pada teh botol sosro ini.rasa manis yang ada pada the botol sosro ini murni menggunakan gula industri tanpa adanya pemanis buatan, gula industri yang dipakai adalah gula kristal rafinasi yang di impor dari lampung.gula industri tidak dipasarkan secara bebas karena gula ini biasanya dipakai hanya untuk industri.gula rafinasi dipilih karena gula ini sudah memenuhi standar sebagai gula industri, Selain itu gula ini tidak lagi mengalami proses rafinase lagi dan bias langsung digunakan.
PT Sinar Sosro menggunakan air tanah dengan kedalaman 150 M dari permukaan tanah ini dikarenakan airnya belum tercemar dari kontaminan-kontaminan yang ada, seperti pada air permukaan dihawatirkan telah tercemar.


Teh dikelompokkan menjadi empat jenis:

1. teh putih(white tea)

Teh yang dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.

2. Teh Hijau(green tea)

Daun teh yang dijadikan teh hijau biasanya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalami oksidasi dalam jumlah minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan (cara tradisional Jepang dengan menggunakan uap atau cara tradisional Tiongkok dengan menggongseng di atas wajan panas). Teh yang sudah dikeringkan bisa dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil (teh yang disebut gun powder).

3. Olong(olong tea)

Proses oksidasi dihentikan di tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu 2-3 hari.

4. Teh Hitam(Black tea)

Daun teh dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum di Asia Selatan (India, Sri Langka, Bangladesh) dan sebagian besar negara-negara di Afrika seperti: Kenya, Burundi, Rwanda, Malawi dan Zimbabwe. Terjemahan harafiah dari aksara hanzi untuk teh bahasa Tionghoa dalam bahasa Jepang adalah "teh merah" karena air teh sebenarnya berwarna merah. Orang Barat menyebutnya sebagai "teh hitam" karena daun teh berwarna hitam. Di Afrika Selatan, "teh merah" adalah sebutan untuk the Roobos yang termasuk golongan teh herbal. Teh hitam masih dibagi menjadi 2 jenis: Ortodoks (teh diolah dengan metode pengolahan tradisional) atau CTC (metode produksi teh Crush, Tear, Curl yang berkembang sejak tahun 1932). Teh hitam yang belum diramu (unblended) dikelompokkan berdasarkan asal perkebunan, tahun produksi, dan periode pemetikan (awal musim semi, pemetikan kedua, atau musim gugur). Teh jenis Ortodoks dan CTS masih dibagi-bagi lagi menurut kualitas daun pasca produksi sesuai standar.

Keterangan untuk produk PT. Sinar Sosro :

• Teh botol Sosro menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir (dikenal dengan teh wangi).
• Fruit Tea menggunakan bahan baku yakni : air, gula industri, teh hitam dan konsentrat sari buah asli.
• Joy Tea Green menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau.

Menurut pak Ernest, teh hitam untuk digunakan untuk produksi Fruit Tea. Sedangkan untuk teh botol digunakan teh hijau wangi melati.Khusus untuk fruit tea liquid selalu digunakan grade BOP. Sedangkan grade dust dan fanning digunakan untuk produksi teh celup.
“Teh memerlukan 2/3 ruangan untuk mengembang”, demikian penjelasan pak Ernest. “Itu sebabnya, untuk teh celup hanya digunakan grade dust dan Fanning. Kalau digunakan grade BOP, membutuhkan kantong yang besar, dan tentunya tidak efiesien lagi kalau dijual dalam bentuk teh celup”
Khusus untuk teh kering hitam, digunakan grade broken mix. Teh ini dipasarkan dengan merk teh Poci.
Sedangkan untuk teh botol digunakan teh hijau wangi melati premium grade. Grade ini dihasilkan dari proses flavoring teh hijau grade pekoe super dengan melati gambir, atau melati dari gunung. Sedangkan teh hijau wangi melati grade dust digunakan untuk teh wangi melati celup.
Untuk pengemasan kedalam botol teh wangi di tuangkan kedalam botol-botol yang sudah disterilkan dengan pemanasan suhu 40-90 derajat celcius selama 40 menit. Selama pemanasan botol tersebut disortir agar botol-botol yang berkarat tidak lolos dari pengamatan, Setelah pemanasan teh dituangkan kedalam botol tersebut dan kemudian langsung ditutup agar bakteri tidak mempunyai kesempatan untuk mencemari the tersebut.
Limbah pabrik diolah lagi seperti ampas teh dapat dijadikan pupuk, botol yang pecah dikembalikan kepabriknya untuk di olah kembali sehingga menjadi botol yang utuh, sedotannya dikembalikan kepepabrik plastic untuk didaur ulang, sedangkan air limbah disterilkan menjadi air bersih untuk kemudian dialirkan lagi kelingkungan, pensterilan air limbah ini menggunakan sterilisasi dengan suhu tinggi



A. Kesimpulan

Teh botol sosro adalah teh yang siap minum yang dikemas dalam botol, teh botol sosro merupakan teh siap minum pertama yang ada di Indonesia dan dunia. The botol ini tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis ataupun pewrna tambahan lainnya. Rasa manis dan warnanya murni diambil dari cita rasa tehnya yang asli. Bahkan botol yang dipakai pun dijamin kebersihannya, botol yang bekas dikembalikan ke pabrik dan disterilkan lagi dengan pemanasan yang sangat tinggi, sehingga teh botol sosro ini layak untuk dikonsumsi semua lapisan masyarakat.


B. Saran

Sebaiknya bagi pengunjung yang dating ke PT Sinar Sosro di ijinkan untuk melihat secara langsung proses pengolahan di laboratorium.
Bagi mahasiswa sebaiknya menggunakan baju praktek.



tak'z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

temoe!!!